Minggu, 21 November 2010

Tips & Trik Susun Jurnal Skala Internasional

Membuat jurnal orisinil berkaliber internasional tidaklah semudah membalikan tangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya penelitian tersebut berbobot.

Prof. Dr. Mohamed Ally, punya jawabannya yang tertuang dalam materi Tips dan Trik Susun Jurnal Skala Internasional. Dia memperoleh gelar Ph.D dari from University of Alberta, Edmonton, Canada, dengan cakupan riset di antaranya e-Learning, mobile learning, workplace learning, and the use of emerging technologies in education and training. Pria yang akrab disapa Dr Ally adalah seorang editor journal international dan peneliti senior, yang juga Direktur Pusat Pendidikan Jarak Jauh, Athabasca University, Canada.

Dr Ally mengingatkan, agar penulis lebih teliti dalam pemilihan topik dan penyajian materi. Seperti diketahui, topik merupakan hal fondasi dari suatu penelitian. Ketelitian juga bisa menghindari dugaan plagiat.

Ketelitian yang dilakukan juga termasuk penggunaan bahasa dan menghindari kesalahan penulisan.

Dari sisi psikologis penulis, hal yang perlu dipupuk yakni memberi semangat agar penulis tidak cepat menyerah dan terus berusaha.

Dr Ally yang juga pakar dalam bidang mobile learning, menyampaikan itu dalam kunjungannya ke Universitas Terbuka, di Gedung Wisma 2 lantai 1, Pondok Cabe, Tangerang.

Pada kesempatan tersebut, dia didaulat untuk mempresentasikan tentang Mobile Learning for Open Distance Learning.

Seperti dikutip dalam keterangan tertulis Universitas Terbuka, Rabu (7/7/2010), tujuan pertemuan itu adalah memperbaharui pelayanan kepada mahasiswa, di universitas yang menggunakan sistem belajar jarak jauh tersebut.

Dalam presentasinya, ditayangkan beberapa video tentang masa depan teknologi mobile yang memberi gambaran tentang kemajuan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan jarak jauh.

Disamping itu, Dr Ally juga menunjukan teknologi mobile yang telah diterapkan di Athabasca University dalam menunjang proses pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar