Selasa, 04 Januari 2011

Proposal BUka Puasa Bersama Sanggar Ilmu Library


I.       LATAR BELAKANG
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”
(QS 2:183, Al Baqarah)
Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah, rahmat dan ampunan Allah subhanahu wa ta’ala. Merupakan saat yang baik bagi kita untuk menempa diri dalam ketaqwaan melebihi hari-hari biasa, agar nantinya memperoleh derajat orang yang bertaqwa (muttaqiin), sebagaimana maksud dari shaum itu sendiri. Berpuasa di siang hari, menahan hawa nafsu dan qiyamullail adalah merupakan beberapa contoh aktivitas selama bulan Ramadhan. Ibadah yang lain berkaitan dengan shaum Ramadhan adalah membayar zakat fithrah dan melaksanakan shalat ‘idul fithry secara berjama’ah pada tanggal 1 Syawal.
Ibadah Ramadhan yang dilaksanakan secara khusyu’ dan penuh ketertiban adalah dambaan setiap muslim yang bertaqwa. Juga, memanfaatkan momentum ini untuk memperkaya khazanah pengetahuan agama serta keanekaragaman aktivitasnya merupakan kebutuhan dalam kehidupan kita. Karena itu, diperlukan kemudahan-kemudahan dalam menyambut Ramadhan. 
Berdasarkan pertimbangan di atas, maka kami selaku pengurus Sanggar ilmu Library  Blok Truwali bermaksud untuk mengadakan acara kegiatan buka puasa bersama dan santunan anak yatim piatu dan jompo. Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan menyusun beberapa acara yang insya Allah dapat memberi nilai tambah dalam meningkatkan ketaqwaan kita semua.

II.    T U J U A N
1.      Peningkatan iman, ilmu dan amal shalih.
2.      Terselenggaranya aktivitas ibadah Ramadhan 1431 H dengan baik.
3.      Pengurus dan anggota Sanggar ilmu Library Blok Truwali, semakin memahami cara-cara berorganisasi yang baik dalam melaksanakan da’wah islamiyah.

III. TEMA KEGIATAN
“Dengan shaum Ramadhan 1431 H kita tingkatkan Ukhuwah Islamiyah dan saling berbagi”

VI.    PELAKSANAAN DAN TEMPAT
Hari dan tanggal      : Sabtu, 28 Agustus 2010
Tempat                   : Sanggar Ilmu Library Blok Truwali Rt/Rw. 13/03 Desa Kedokan Wetan Kecamatan Kedokan Bunder – Kabupaten Indramayu.

VII. KEPANITIAAN
Terlampir

VIII.            ESTIMASI BIAYA
Terlampir

IX.    PENUTUP
Ramadhan adalah bulan yang penuh barakah, sangat sayang rasanya bila dilewatkan tanpa kegiatan yang dapat meningkatkan iman dan taqwa. Untuk melaksanakan aneka kegiatan Ramadhan yang menunjang ibadah diperlukan kerja yang profesional. Insya Allah, dengan tekad bersama dan semangat gotong royong serta pertolongan-Nya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Tentu saja partisipasi dari donatur sangat kami harapkan.
Semoga kiranya Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberi rahmat, petunjuk dan kesuksesan kepada kita semua. Amin.



Ketua Pelaksana,



MOCH. IBNU ARWAN
Kedokanwetan, 28 Juli 2010
Panitia Buka Puasa Bersama Sanggar Ilmu Library
Sekertaris,



D I A N A H


Tidak ada komentar:

Posting Komentar