Senin, 06 Desember 2010

Apakah air membeku ada 1 derajat C bila terdapat angin?


air bekuSaya dan teman saya memiliki pendapat yang berbeda apakah air membeku pada 1oC bila ada angin berhembus.
Pendapat teman saya adalah air akan membeku karena suhu akan menurun dan air terpapar dengan angin. Tapi saya pikir, air tidak akan membeku karena suhu adalah 1oC meski ada ataupun tidak ada angin. Dapatkah Anda memberikan saya jawaban yang benar?
Jawaban:
Dr. Shoshiro Minobe bersedia menjawab pertanyaan di atas.
Dalam teori, saya pikir air akan membeku pada suhu lebih dari 0oC. Ada dua efek yang terjadi, panas yang terjadi dan panas yang tersembunyi, yang membawa panas keluar dari air. Panas yang terjadi adalah efek akibat pertukaran panas secara langsung, dan panas yang tersembunyi adalah efek dari penguapan.
Panas yang terjadi dapat dihitung sebagai:
Panas yang diambil dari air = konstanta x kecepatan angin x (suhu air – suhu udara)
Hal ini menunjukkan bahwa air tidak akan kehilangan panas tapi mendapatkan panas, bila suhu airnya tinggi. Jadi, air 0oC seperti dipanaskan bila suhu udara lebih dari 0oC.
Sedangkan untuk panas tersembunyi,
Panas yang diambil air = konstanta x kecepatan angin x (kelembaban jenis jenuh – kelembaban jenis udara)
Jadi udara mengambil panas air keluar berapaun suhu air.
Karenanya, jika udara sangat kering dan suhu udara hanya sedikit lebih tinggi dari 0oC, maka dalam hal ini air kemungkinan masih membeku karena efek panas laten lebih tinggi daripada panas yang terjadi. Saya tidak tahu aakah hal ini benar-benar terjadi secara alamiah.

Sumber : http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/apakah-air-membeku-ada-1-derajat-c-bila-terdapat-angin/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar